BackTrack, Tool for Profesional Security

Oleh : Irwan / NIM.1200143

image Backtrack adalah salah satu distro dari linux namun bukan distro umum yang dikenal seperti Redhat, Fedora, Mandrake, Ubuntu dan sebagainya. Backtrack dirancang untuk digunakan oleh para security profesional. Didalamnya sudah terdapat ratusan software yang siap digunakan tanpa perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Terlebih BackTrack dapat dijalankan tanpa harus di install terlebih dahulu (Live DVD).

Sejarah BackTrack

Distro BackTrack sebenarnya merupakan distro yang mempunyai sejarah cukup panjang. Sebelum adanya BackTrack, kesadaran akan kesulitan dalam mengumpulkan tools yang sering digunakan dalam melakukan perkerjaan sebagai security profesional telah menciptakan sistem operasi yang siap digunakan, sebuah sistem operasi yang telah terinstall dengan software-software yang sering digunakan.

WHOPPIX adalah sebuah distro linux khusus untuk kalangan security profesional yang dibuat berdasarkan distro KNOPPIX, sebuah distro Live CD yang artinya bisa dijalankan langsung dari CD tanpa harus menginstallnya ke dalam harddisk. Kemudian WHOPPIX merubah namanya menjadi WHAX (White Hat and SLAX) lantaran sistem operasi yang digunakan bukan lagi KNOPPIX namun SLAX yang dianggap lebih modular dan mudah untuk dikutak-katik.

Pada waktu yang bersamaan, WHAX bukanlah satu-satunya distro spesial yang digunakan oleh para security profesional. Auditor Security Collection merupakan distro dengan tujuan yang sama persis dengan WHAX dengan kumpulan softwarenya yang sangat banyak dan dapat dijalankan dengan Live CD. Karena kesamaan tujuan yaitu sama-sama mengumpulkan tools hacking yang siap digunakan, ingin memudahkan pekerjaan sebagai seorang pakar keamanan maka kedua distro tersebut memutuskan untuk bergabung menjadi satu.

Pada tanggal 26 mei 2006, BackTrack versi 1.0 dilepas ke-publik setelah team pengembang berhasil menggabungkan kedua distro ini menjadi satu. Distro BackTrack tersebut semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Berikut adalah perkembangan BackTrack hingga sekarang:

  • 5 Februari 2006 BackTrack v.1.0 Beta
  • 26 Mei 2006 Proyek BackTrack dirilis pertama kali versi non-beta (1.0).
  • 6 Maret 2007 BackTrack 2 final released.
  • 19 Juni 2008 BackTrack 3 final released.
  • 9 Januari 2010 BackTrack 4 final release. (Now based on Ubuntu)
  • 8 Mei 2010 BackTrack 4 R1 release
  • 22 November 2010 BackTrack 4 R2 release
  • 10 Mei 2011 BackTrack 5 release (Based on Ubuntu 10.04 LTS, Linux kernel 2.6.38)
  • 18 Agustus 2011 BackTrack 5 R1 release (Based on Ubuntu 10.04 LTS, Linux kernel 2.6.39.4)
  • 1 Maret 2012 BackTrack 5 R2 release (Linux kernel 3.2.6)

Kelebihan BackTrack

BackTrack menyediakan akses mudah untuk tools komprehensif yang berhubungan dengan keamanan, mulai dari Port Scanner sampai Password Scanner. Dukungan fungsi Live CD dan Live USB mengijinkan pengguna untuk me-boot BackTrack secara langsung dari media penyimpan portabel tanpa harus melakukan penginstallan pada Hardisk secara permanen.

 

Sumber:

  1. Back|Track2:Panduan Untuk Pemula, S’To, Jasakom
  2. hokikurnia.wordpress.com

Leave a comment